Pengaruh Video Animasi Pendidikan Gizi Terhadap Pengetahuan dan Asupan Gizi Pada Anak SMP
DOI:
https://doi.org/10.53861/lontarariset.v5i2.488Kata Kunci:
Video animasi, Pendidikan gizi, Pengetahuan, Asupan giziAbstrak
Siswa SMP masih kurang pengetahuan terhadap masalah gizi, maka perlu dilaksanakan pendidikan gizi berbantuan media video animasi untuk menarik perhatian dan motivasi siswa untuk belajar dan mengaplikasikannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahun pengaruh video animasi pendidikan gizi terhadap pengetahuan serta asupan gizi pada siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experiment dengan rancangan One Grup pretest dan posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi SMP Citra Bakti sebanyak 75 orang, dengan sampel sebanyak 34 orang yang dipilih berdasarkan sampling purposive Metode pengumpulan data pengetahuan dengan kuesioner isian dan data asupan energi, protein dan zat besi dengan metode recall 2x24 jam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap pengetahuan, asupan energi, proyein dan sebaliknya tidak ada pengaruh terhadap konsumsi zat besi
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ngurah Mahendra Dinatha, Made Dewi Sariyani, Maria Regina Bhala
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Lontara Journal Of Health Science And Technology is licensed under Creative Commons.
The journal allows the author to hold the copyright of the article without restrictions.
The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions.
The legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
The Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) license allows re-distribution and re-use of a licensed work on the conditions that the creator is appropriately credited and that any derivative work is made available under “the same, similar or a compatible license”. Other than the conditions mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright violations.