Pengaruh Video Animasi Pendidikan Gizi Terhadap Pengetahuan dan Asupan Gizi Pada Anak SMP

Penulis

  • Ngurah Mahendra Dinatha
  • Made Dewi Sariyani Universitas Dhiyana Pura
  • Maria Regina Bhala STKIP Citra Bakti

DOI:

https://doi.org/10.53861/lontarariset.v5i2.488

Kata Kunci:

Video animasi, Pendidikan gizi, Pengetahuan, Asupan gizi

Abstrak

Siswa SMP masih kurang pengetahuan terhadap masalah gizi, maka perlu dilaksanakan pendidikan gizi berbantuan media video animasi untuk menarik perhatian dan motivasi siswa untuk belajar dan mengaplikasikannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahun pengaruh video animasi pendidikan gizi terhadap pengetahuan serta asupan gizi pada siswa SMP. Penelitian ini  merupakan  penelitian Pre-Experiment  dengan  rancangan  One  Grup  pretest  dan  posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi SMP Citra Bakti sebanyak 75 orang, dengan sampel sebanyak 34 orang yang dipilih berdasarkan sampling purposive Metode pengumpulan data pengetahuan dengan kuesioner isian dan data asupan energi, protein dan zat besi dengan metode recall 2x24 jam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap pengetahuan, asupan energi, proyein dan sebaliknya tidak ada pengaruh terhadap konsumsi zat besi

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-12-02

Cara Mengutip

Dinatha, N. M., Sariyani, M. D., & Bhala, M. R. (2024). Pengaruh Video Animasi Pendidikan Gizi Terhadap Pengetahuan dan Asupan Gizi Pada Anak SMP. Lontara Journal of Health Science and Technology, 5(2), 144–153. https://doi.org/10.53861/lontarariset.v5i2.488

Terbitan

Bagian

Lontara, Desember 2024