Gambaran Kesesuaian Intensitas Pencahayaan Ruang Kelas
DOI:
https://doi.org/10.53861/lontarariset.v5i2.381Kata Kunci:
Pencahayaan, Intensitas, Ruang KelasAbstrak
Dalam melakukan segala sesuatu yang berhubungan dengan aktivitas ruangan diperlukan pencahayaan yang memadai, untuk sebuah bangunan diperlukan intensitas pencahayaan yang cukup. Tujuan penelitian untuk mengetahui intensitas pencahayaan ruangan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif komparatif. Penelitian dilakukan di Kampus X Jambi. Sampel penelitian adalah hasil rata-rata pengukuran intensitas pencahayaan dari 10 ruangan kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara pengukuran secara langsung kemudian diolah dengan cara membandingkan hasil dengan standar yang berlaku. Hasil rata-rata pengukuran setiap kelas setelah dibandingkan dengan standar yang berlaku diketahui tidak adanya kesesuaian. Diketahui tidak adanya kesesuaian pada seluruh ruang kelas setelah dilakukan pengukuran intensitas pencahayaan. Disarankan kepada pihak pengelola Kampus X untuk menambahkan jumlah lampu pada ruang kelas serta membuka jendela dan pintu selama perkuliahan.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ramadhan Al'Fiqri, Abul Ainin Hapis, Putri Sahara Harahap
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Lontara Journal Of Health Science And Technology is licensed under Creative Commons.
The journal allows the author to hold the copyright of the article without restrictions.
The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions.
The legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
The Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) license allows re-distribution and re-use of a licensed work on the conditions that the creator is appropriately credited and that any derivative work is made available under “the same, similar or a compatible license”. Other than the conditions mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright violations.