Gambaran Kesesuaian Intensitas Pencahayaan Ruang Kelas

Penulis

  • Ramadhan Al'Fiqri Kesehatan Masyarkat
  • Abul Ainin Hapis Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Ibu Jambi
  • Putri Sahara Harahap Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Ibu Jambi

DOI:

https://doi.org/10.53861/lontarariset.v5i2.381

Kata Kunci:

Pencahayaan, Intensitas, Ruang Kelas

Abstrak

Dalam melakukan segala sesuatu yang berhubungan dengan aktivitas ruangan diperlukan pencahayaan yang memadai, untuk sebuah bangunan diperlukan intensitas pencahayaan yang cukup. Tujuan penelitian untuk mengetahui intensitas pencahayaan ruangan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif komparatif. Penelitian dilakukan di Kampus X Jambi. Sampel penelitian adalah hasil rata-rata pengukuran intensitas pencahayaan dari 10  ruangan kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara pengukuran secara langsung kemudian diolah dengan cara membandingkan hasil dengan standar yang berlaku. Hasil rata-rata pengukuran setiap kelas setelah dibandingkan dengan standar yang berlaku diketahui tidak adanya kesesuaian. Diketahui tidak adanya kesesuaian pada seluruh ruang kelas setelah dilakukan pengukuran intensitas pencahayaan. Disarankan kepada pihak pengelola Kampus X untuk menambahkan jumlah lampu pada ruang kelas serta membuka jendela dan pintu selama perkuliahan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-12-02

Cara Mengutip

Al’Fiqri, R., Hapis, A. A., & Harahap, P. S. (2024). Gambaran Kesesuaian Intensitas Pencahayaan Ruang Kelas. Lontara Journal of Health Science and Technology, 5(2), 171–179. https://doi.org/10.53861/lontarariset.v5i2.381

Terbitan

Bagian

Lontara, Desember 2024