Strategi Komunikasi Rumah Sakit Ibu dan Anak Bahagia dalam Memberikan Pelayanan Kepada Pasien

Penulis

  • Baharuddin Sunu Politeknik Kesehatan Muhammadiyah Makassar
  • Anita Anita Politeknik Kesehatan Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.53861/lontarariset.v3i1.266

Kata Kunci:

Strategi Komunikasi, Rumah Sakit, Pelayanan pasien

Abstrak

Rumah sakit Ibu Anak Bahagia Makassar merupakan layanan kesehatan milik swasta berbentuk rumah sakit bersalin. Dalam upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan pasien di Rumah Sakit Ibu Anak Bahagia Makassar maka perlu langkah strategi komunikasi yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan oleh Rumah Sakit Ibu Anak Bahagia Makassar dalam upaya memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan lokasi di Rumah Sakit Ibu Dan Anak Bahagia Makassar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di Rumah Sakit Ibu Dan Anak Bahagia Makassar telah dilakukan strategi komunikasi dalam memberikan pelayanan kepada pasien antara lain melalui pelayanan tenaga medis/nonmedis yang kompeten, komunikasi efektif oleh staf medis/nonmedis kepada pasien melalui penerapan sikap ramah 6S dalam melayani pasien, pelayanan kesehatan yang menjangkau seluruh aspek masyarakat, tersedianya banner informasi kesehatan dan pelayanan rumah sakit, pembuatan leaflet informasi kesehatan, pengadaan kotak saran, dan penggunaan Facebook dan Youtube untuk menjangkau masyarakat luas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Rumah Sakit Ibu dan Anak Bahagia Makassar telah menerapkan strategi komunikasi dalam memberikan pelayanan kepada pasien.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2022-06-14

Cara Mengutip

Sunu, B., & Anita, A. (2022). Strategi Komunikasi Rumah Sakit Ibu dan Anak Bahagia dalam Memberikan Pelayanan Kepada Pasien. Lontara Journal of Health Science and Technology, 3(1), 24–31. https://doi.org/10.53861/lontarariset.v3i1.266

Terbitan

Bagian

Lontara, Juni 2022